Moment of Greatness

Bagi saya, pengalaman adalah aset atau harta karun yang paling berharga bagi manusia. Kenapa? Karena nilai dari sebuah pengalaman melebih benda apapun yang paling berharga atau mahal didunia ini. Bahkan untuk mendapatkan sebuah pengalaman saja harus rela mengeluarkan uang yang kadang jumlahnya agak banyak.

Sebenarnya apa sih pengalaman itu? Pengalaman adalah suatu peristiwa atau kejadian yang sudah terjadi di masa lalu. Pengalaman juga berupa peristiwa yang sangat membekas di diri Anda sehingga bisa memberikan dampak positif atau negatif. Pengalaman sangat mempengaruhi apa yang terjadi di diri Anda sekarang, terutama dalam hal pola pikir, tindakan serta persepsi terhadap suatu hal atau orang lain.

Kok bisa mempengaruhi? Karena pengalaman yang membekas secara tidak langsung dan disadari langsung terekam kedalam pikiran bawah sadar Anda. Dan pastinya pengalaman yang membekas itu terkait dengan unsur emosional dan sesuatu yang sifatnya mengejutkan atau mengagetkan.

Pengalaman yang memberi dampak negatif misalnya faktor trauma atau fobia yang sifatnya parah. Misalnya Anda pernah kecopetan di angkutan umum tiga kali. Disini uniknya pikiran manusia. Bisa memberikan dampak atau respon yang berbeda-beda. Ada yang merespon tidak akan naik angkutan umum lagi karena takut kejadian yang sama terulang, atau ada juga punya asumsi untuk berhati-hati dan waspada ketika berada di angkutan umum. Apakah persepsi itu benar atau salah? Sekali lagi, Anda tidak berhak menilai benar atau salah. Biarkan subjek tersebut yang menentukan apakah persepsi nya benar atau salah.

Itu yang negatif. Bagaimana dengan dampak positif. Misalnya Anda punya pengalaman pernah juara lomba olahraga tingkat nasional dan Anda mendapatkan juara pertama. Bagaimana perasaan Anda berada di kondisi itu? Pasti lah senang, bahagia dan merasa sangat bersyukur. Dan pasti pengalaman itu Anda ingat terus seumur hidup dan bisa menjadi cerita dikemudian hari karena itu adalah pengalaman Anda yang paling membahagiakan. Plus sudah menjadi hukum alam juga bahwa pengalaman yang sudah terjadi, apapun itu dampaknya akan selalu Anda ingat selalu seumur hidup karena sudah terekam secara permanen di pikiran bawah sadar Anda.

Sesuatu yang memberikan dampak positif bagi Anda itu disebut sebagai moment of greatness. Hal paling membanggakan yang pernah Anda rasakan sebelumnya. Hal yang membanggakan itu pasti mengandung unsur emosional yang Anda rasakan saat itu juga. Pertanyaan saya berikutnya, apakah emosi yang terkandung di pengalaman itu turut serta di kehidupan Anda sekarang ini? Jawabannya bisa iya atau tidak, tapi kalau pengalaman dari memori pikiran pasti terus ingat sampai sekarang. Kalau pun unsur emosi tidak terbawa  sampai sekarang apakah bisa dihadirkan lagi di kondisi sekarang dan dijadikan bahan bakar istilahnya untuk kehidupan Anda sekarang?

Kalau saya bilang iya, apakah Anda percaya? Ini balik lagi ke persepsi Anda sendiri. Tapi izinkan saya untuk menjelaskan kenapa itu bisa dilakukan. Begini, di pikiran bawah sadar ada istilah nama nya proses Revivikasi. Proses dimana Anda tidak hanya sekedar mengingat masa lalu, tapi peristiwa di masa lalu itu dihidupkan kembali dan seolah-olah Anda kembali ke momen itu. Bisa Anda bayangkan bagaimana mekanisme nya? Jika Anda kesulitan, itu bisa dilakukan dengan proses Hypnotherapy. Di keilmuan Hypnotherapy ada metode nama nya Regresi, dimana Anda mengakses lagi memori-memori yang sudah terjadi beberapa tahun yang lalu. Ketika mengakses memori masa lalu, sudah pasti emosi yang lekat di masa itu pun juga ikut terakses. Ini yang dinamakan proses Revivikasi.

Misalnya, ketika Anda pernah menjuarai lomba tingkat nasional dengan proses Revivikasi maka Anda dikembalikan ke momen itu termasuk emosi yang Anda rasakan saat itu secara otomatis muncul dan bisa dirasakan saat itu juga. Lalu bagaimana hal itu bisa jadi bahan bakar untuk kehidupan Anda sekarang? Jika boleh saya jelaskan sedikit, ketika momen yang paling membanggakan sudah ketemu, bisa dibayangkan emosi nya diakses kemudian dibawa ke kondisi sekarang kemudian dikunci. Nah, mengunci emosi di masa lalu ini dengan teknik Anchoring. Sebuah teknik di Hypnotherapy dimana untuk memunculkan sugesti yang sudah ditanam biasanya diakses dengan simbol atau trigger istilahnya.

Contoh sugestinya, setiap kali Anda mengepalkan tangan Anda maka Anda merasa lebih percaya diri. Atau setiap kali menempelkan tangan di dada Anda, maka Anda merasa lebih santai, rileks dan bisa mengatur emosi Anda dengan mudah. Kelihatannya memang mudah, namun untuk bisa seperti itu ada proses atau tahapan yang dilalui.

Pertanyaan terakhir saya, apakah sudah menemukan Moment of Greatness Anda sendiri? Saya yakin dan percaya semua orang pasti mempunyai nya. Tinggal sekarang bagaimana Anda bisa mengecek kembali pengalaman-pengalaman apa saja yang sudah dilalui, dan apa perasaan yang muncul ketika mengingat pengalaman tersebut.

Leave a comment